Menu

Seminar “Molecular Biology In Human Physiology” dan Perkenalan NAIST

Pembicara Seminar

Prof. Yasumasa Bessho, Dr. Taroh Kawai, dan Dr. Naoyuki Inagaki

Pada Selasa, 6 Mei 2014, UGM yang diwakili CCRC bekerjasama dengan Nara Institute of Sciences and Technology (NAIST) Jepang, menyelenggarakan seleksi mahasiswa S3 NAIST yang disertai dengan mini simposium dari NAIST di ruang seminar Unit V Fakultas Farmasi UGM. Acara diawali dengan mini simposium yang bertemakan Molecular Biology in Human Physiology. Mini simposium dibuka oleh Bapak Subagus Wahyuono, Dekan Farmasi UGM, yang dilanjutkan dengan kuliah umum dari 3 dosen NAIST : Dr. Taroh Kawai (Molecular Immunobioogy), Dr. Naoyuki Inagaki (Neuronal Cell Morphogenesis), dan Prof. Dr. Yasumasa Bessho (Gene Regulation). Setelah ketiga dosen memberikan kuliah singkatnya, para peserta yang berjumlah kurang lebih 87 peserta yang kesemuaya adalah civitas akademika UGM, secara aktif memberikan pertanyaan pada ketiga dosen tamu. Hal ini menunjukkan animo yang cukup baik, dan ketertarikan peserta yang cukup tinggi dalam acara tersebut.

Suasana Seminar

Suasana Sesi Tanya Jawab

Pengenalan NAIST

Pengenalan NAIST oleh Dr. Steven Nishida

 

Suasana Seleksi

Suasana Seleksi Wawancara

ADE_5956ADE_5956Setelah memberi kuliah singkat, ketiga dosen tamu menuju ruang transit unit V untuk mendengarkan presentasi kedua kandidat mahsiswa S3 NAIST, Ria Fajarwati dan Dyaningtyas Dewi PP. Presentasi merupakan rangkaian seleksi kandidat yang dilanjutkan dengan wawancara selama 3 jam setelah istirahat. Sementara itu, di ruang seminar, acara dilanjutkan dengan promosi dari pihak NAIST oleh Dr. Steven Nishida selaku wakil dari Kantor Urusan Internasional NAIST. Kemudian dilanjutkan dengan testimoni dari alumni NAIST yakni Dr. Nunung Yuniarti dan Dr. Yuni Kusumastuti sebagai alumni S3 NAIST, serta Ulfaatul Husna,M.Biotech sebagai alumni mahasiswa internship 3 bulan. Tanya jawab yang terjadi antara peserta seminar dan para pengisi menunjukkan minat yang cukup tinggi dari mahaiswa UGM untuk melanjutkan belajarnya ke NAIST.

Testimoni Alumni NAIST

Testimoni Alumni NAIST

Kenang2an NAIST

Penyerahan Kenang-kenangan NAIST untuk Fakultas Farmasi UGM

Acara tersebut merupakan upaya peningkatan kerjasama UGM-NAIST dalam bidang akademik. Diharapkan, semakin lama, semakin banyak mahasiswa Indonesia berkesempatan melanjutkan sekolah ke NAIST.

Kontributor: Ratih Kusumastuti