Menu

PROFIL CCRC

CANCER CHEMOPREVENTION RESEARCH CENTER (C C R C)

FAKULTAS FARMASI UGM

CCRC merupakan unit penelitian yang bertujuan untuk pengembangan agen kemoprevensi dan anti-kanker baik dari senyawa alam maupun sintesis.

Visi

Menjadi center of excellence dalam pengembangan penelitian cancer chemoprevention tingkat regional berbasis potensi nasional.

Misi

1.Melakukan penelitian inovative-inventive.

2.Memberikan edukasi yang berkaitan dengan cancer chemoprevention baik ilmiah maupun populer.

3.Melakukan pelayanan dan kerjasama untuk pengembangan agen kemoprevensi

BIDANG KEGIATAN

1. Penelitian

In vivo:

§Pengembangan model karsinogenesis.

§Analisis mekanisme molekuler agen kemoprevensi in vivo termasuk mutasi gen, ekspresi protein regulator yang berperan dalam karsinogenesis (imunohistokimia), serta target apoptosis (TUNEL assay) dan proliferasi (AgNOR).

§Analisis agen estrogenik/antiestrogenik, target pada organ mammae, tulang (termasuk pengamatan sel-sel osteoclasts), dan uterus.

in_vivo1

In vitro:

§Mengeksplorasi potensi agen kemoprevensi/ antikanker dan ko-kemoterapi menggunakan berbagai sel kanker (sel kanker payudara T47D dan MCF7, sel kanker leher rahim HeLa, sel kanker kolon WiDr). Uji sitotoksik dilakukan dengan metode MTT dan pengamatan antiproliferasi dilakukan dengan metode doubling time dan AgNOR.

§Mengeksplorasi mekanisme molekuler agen antikanker (target pada cell cycle dengan flow cytometry, apoptosis dengan metode double staining, ekspresi protein dengan metode imunositokimia dan western blot, angiogenesis dengan metode CAM, dan metastasis serta antiosteoclastogenesis menggunakan model sel Raw 264 terinduksi ODF).

in_vitro

In silico:

§Analisis model interaksi ligan-reseptor dengan metode docking ,menggunakan program MOE (Lisensi Fak. Farmasi, UGM).

§Pengembangan dan pemanfaatan bioinformatika (di antaranya memanfaatkan situs NCBI, PDB, dan PFAM).

in_silico

2. Pendidikan dan Pelatihan

wWorkshop dan seminar nasional maupun internasional,  serta pembimbingan mahasiswa S1, S2, dan S3, menyediakan fasilitas perpustakaan, danpembimbingan student exchange ke beberapa universitas di LN di antaranya NAIST, Jepang. Bimbingan mahasiswa penelitian selain pada skripsi, tesis, atau disertasi juga diarahkan pada bimbingan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), LKTM, serta kemampuan presentasi dan diskusi yang baik.

wTema workshop yang diselenggarakan: antikarsinogenesis in vivo, ovariektomi, isolasi dan elektroforesis DNA, polimorfisme (metode RFLP dan SSCP), bioinformatika. Workshop diselenggarakan setiap tahun dan dapat diselenggarakan berdasarkan permintaan atau kerja sama instansi.

3. Kerjasama, Pelayanan dan pengembangan produk

kerjasama

Cancer Chemoprevention Research Center ( CCRC ) membuka peluang kerjasama penelitian dan pengembangan produk dengan perguruan tinggi, lembaga penelitian maupun industri dalam bidang pengembangan agen kemoprevensi, Kosmetik dan food suplement.

 

Video Profil CCRC