Menu

Rapat Kerja CCRC Farmasi UGM Tahun 2018

Pada tanggal 26-27 Januari 2018, keluarga besar CCRC mengadakan rapat kerja di Tawangmangu Jawa Tengah. Rapat kerja CCRC merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh CCRC. Dalam rapat kerja ini membahas berbagai kegiatan dan project yang di CCRC, baik dosen staf maupun mahasiswa.

WhatsApp Image 2018-01-26 at 12.03.04Hari pertama, rombongan CCRC berangkat dari CCRC Farmasi UGM pada pukul 07.00 WIB dengan menggunakan bus. Sebelum menuju ke lokasi rapat kerja, rombongan CCRC mengadakan kunjungan ke B2P2TOOT Tawangmangu. Tujuan dari kunjungan tersebut agar para mahasiswa mengetahui dan mengerti berbagai jenis tanaman obat-obat yang berada di laboratorium B2P2TOOT. Pada pukul 11.00, rombongan CCRC tiba di B2P2TOOT. Disana disambut oleh Dr. Sari Haryanti, M.Sc., Apt. yang sekaligus keluarga dari CCRC. Di B2P2TOOT diberi penjelasan mengenai tanaman obat dan juga berkeliling laboratorium tanaman dan museum jamu.

Tepat pukul 13.00 WIB rombongan CCRC telah sampai di penginapan yang sekaligus sebagai tempat diadakannya rapat kerja. Setibanya di penginapan, Dosen, staf maupun mahasiswa beristirahat dan mempersiapkan rapat kerja yang akan dimulai pada pukul 14.30 WIB.

Pada pukul 14.30 WIB, rapat kerja CCRC dimulai dengan pemberian sepatah kata oleh Ketua CCRC Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt. Beliau menjelaskan 4 etos kerja CCRC yaitu Komitmen, Kerja terbaik, Ikhlas Istiqomah, dan  Kreatif-Inovatif. Komitmen dalam etos kerja CCRC ini merupakan suatu pengorbanan dari hal-hal yang tidak mendesak dan tidak penting hingga pada hal-hal yang dianggap mendesak dan penting. Untuk mencapai tujuan, hasil maupun cita-cita besar perlu menerapkan kerja terbaik. Di mulai dari perencanaan, administrasi yang rapi dan sistematis, menerjemahkan konsep yang bersifat abstrak menjadi teknis kerja operasional, hingga eksekusi di lapangan, dan melakukan evaluasi setiap kinerja yang telah dilakukan. Ikhlas-Istiqomah menjadi hal yang sangat berpengaruh, apakah usaha yang dilakukan bernilai ibadah atau justru hanya sia-sia. Berusaha tanpa mengharapkan pamrih, bagai angka 1 dibagi 0, yang tak tngga hasilnya. Hal tersebut juga dilengkapi dengan kontinuitas kerja, sehingga jalannya roda organisasi berjalan kokoh. Disamping itu, untuk mencipkatan lingkungan kerja dan belajar yang nyaman dan dinamis diperlukan sebuah kreativitas. Kreatif merupakan selalu berusaha menjadi lebih baik, dalam hal kebaikan, dari masalah lingkungan fisik kerja hingga gagasan besar dalam penelitian. 4 etos kerja tersebut yang selalu menjadi pegangan bagi keluarga CCRC.

WhatsApp Image 2018-02-02 at 09.57.26Acara rapat kerja dilanjutkan dengan pemaparan program kerja kegiatan mahasiswa CCRC yang dipimpin oleh Nadzifa Nugraheni. Dalam pemaparan program kegiatan mahasiswa terbagi menjadi 4 divisi, yaitu Divisi Program, Divisi Kerumahtanggaan, Divisi Alat dan Bahan, dan Divisi Informasi dan Dokumentasi. Pada Divisi program ini membahas mengenai Program Kreativitas Mahasiswa, Journal Club, workshop, seminar, dan partisipasi perlombaan. Selain Divisi program, Divisi kerumahtanggaan juga membahas program yang berkaitan dengan kebutuhan CCRC sendiri. Disamping itu, Divisi alat dan bahan juga membahas program yang berkaitan dengan inventaris alat bahan dan juga pemeliharaan. Divisi yang terakhir adalah Divisi Informasi dan Dokumentasi yang membahas mengenai pendokumentasian dan pemberian informasi di CCRC. Disamping itu, dosen dan staff berdiskusi lebih lanjut yang membahas project penelitian di CCRC selama satu tahun. Rapat kerja berakhir pada pukul 18.00 WIB.

Rangkaian kegiatan rapat kerja dilanjutkan kembali dengan acara pentas seni. Masing-masing angkatan menampilkan bakat drama dengan tema yang berhubungan dengan penelitian di CCRC. Ada 4 kelompok yang menampilkan kreasi drama dari perwakilan mahasiswa S2, mahasiswa S1 angkatan 2014, 2015, 2016. Disamping itu, Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt., Dr.rer.nat Adam Hermawan, M.Sc., Apt., dan drg. Cendrawasih A.F., M.Kes., Sp.Ort. (K) sebagai dewan juri. Setelah penampilan selesai, dewan juri mengumumkan pemenang dari pentas seni. Juara pertama diraih oleh mahasiswa S1 angkatan 2014, diikuti oleh mahasiswa S1 angkatan 2015, mahasiswa S2 dan yang terakhir mahasiswa S1 angkatan 2016. Selain itu, ada penghargaan pemain terbaik yaitu Naufa Hanif (mahasiswa S1 angkatan 2014).

Pada hari kedua, rombongan CCRC menuju obyek wisata di Sarangan Magetan. Disana menikmati pemandangan alam dan juga dapat berkeliling dengan menggunakan kapal. Setelah berkunjung ke Sarangan, rombongan CCRC menuju ke Taman Balekambang Solo. Disana dapat menikmati taman yang indah.

Setelah selesai berekreasi, rombongan CCRC menuju makan malam di Dapur Solo Edupark dan sekaligus melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta.