Menu

Tim CCRC Kembali Meraih Emas pada PIMNAS ke-28 di UHO

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-28 tahun 2015 menjadi ajang bergengsi bagi seluruh mahasiswa di Indonesia. Persaingan yang ketat, ide kreatif, inovatif, solutif, dan relefan membanjiri Universitas Halu Oleo (UHO), Kendari, Sulawesi Tenggara. Mahasiswa-mahasiswa terpilih dari jutaan mahasiswa yang mengikuti seleksi untuk lolos PIMNAS ke-28 saling unjuk kebolehan dalam berpresentasi dan mendesain poster.

pimnas1Peserta PIMNAS ke-28

PIMNAS tahun ini membawa suatu kejutan bagi UGM, dengan menurunnya peserta kontingen PIMNAS hingga hampir sepertiga dari tahun sebelumnya, dari 63 tim menjadi 27 tim. Begitu pula CCRC fakultas farmassi UGM, hanya 1 tim yang berhasil lolos dalam ajang bergengsi ini. Namun hal tersebut bukanlah halangan bagi mahasiswa-mahasiswa kebanggan UGM tersebut untuk terus maju mempertahankan UGM sebagai juara umum PIMNAS tahun sebelumnya.

pimnas4Tim CCRC Farmasi UGM & Dosen Pembimbing

Perwakilan dari fakultas farmasi yang merupakan anggota CCRC terdiri dari Layung Sekar Sih Wikanthi, Lodyta Nawang Tika, dan Shofa Annur dibimbing oleh drh. Retno Murwanti, M.P., Ph.D. dengan judul PKM-PE “EDISH-ROOM (Edible Therapy from Oyster Mushroom): Inovasi Brilian Jamur Tiram (Pleurotus ostreatus) sebagai Agen Antimetastasis tertarget MMP-9 dan MMP-2 pada Kanker Payudara. PIMNAS ke-28 ini merupakan pengalaman pertama yang sangat berharga dan berkesan bagi ketiga mahasiswa tersebut.

pimnasSuasana saat Tim CCRC Presentasi

Kamis, 8 Oktober 2015 merupakan acara penutupan sekaligus pengumuman pemenang PIMNAS ke-28. Nama Universitas Gadjah Mada (UGM) dipanggil sebagai peraih Medali Emas pada Kelas Presentasi PKM-PE 5, yaitu tim CCRC. Hal tersebut mengantarkan UGM menempati juara 2 setelah juara 1 Universitas Brawijaya (UB) dan sebelum juara 3 Institut Teknologi Surabaya (ITS). Semoga tahun depan, lebih banyak lagi mahasiswa-mahasiswa kreatif UGM yang ikut serta menyukseskan PIMNAS ke-29.

pimnas3Tim CCRC Meraih Medali Emas PIMNAS ke-28

Kontributor: Lodyta Nawang Tika