Menu

Partisipasi CCRC dalam Pharmacy International Conference (PIC) 2015

umpPharmacy International Conference (PIC) 2015 di UMP

Sepekan yang lalu, sebuah seminar bergengsi di bidang kefarmasian, yakni Pharmacy International Conference (PIC) diselenggarkan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 5-6 Juni 2015 dengan mengangkat tema ‘Collaborative Approach to Improve Research and Management of Chronic Diseases’. Dalam seminar tersebut, CCRC turut berpartisipasi sebagai peserta seminar, Poster Presenter, dan Oral Presenter. Tim CCRC yang ikut serta adalah Devi Nisa Hidayati, Laili Nailul Muna, Asri Mega Putri, Layung Sekar Wikanthi, Laeli Muntafiah, Dhania Novitasari, dan Amalia Miranda.

Acara dimulai pada jam 08.00 WIB, bertempat di Ballroom Hotel Horison, Purwokerto. Saat memasuki ruangan seminar, panitia menyediakan goody bag yang berisi susunan acara serta buku kumpulan Abstrak penelitian ilmiah yang ditulis oleh para pemateri seminar, poster, maupun oral presenter. Peserta yang hadir didominasi oleh para akademisi serta mahasiswa di bidang Kefarmasian yang berasal dari dalam dan luar negeri. Acara seminar diawali dengan pembukaan yang berisi sambutan dan dilanjutkan dengan pertunjukan musik serta tarian khas daerah Jawa. Tak lupa pula dinyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta seminar, yang mengingatkan kembali tentang semangat pengabdian kepada bangsa.

Materi pertama dengan judul: ‘Randomized Clinical Trial of Omeprazole and Ranitidine Using Indonesian Translated Nepean Dyspepsial’ dibawakan oleh dr. I Gede Arinton, Sp. PD. KGEH. Tampak antusiasme dari peserta yang dilihat saat sesi tanya jawab. Materi kedua dibawakan oleh Prof. Masashi Kawaichi dengan topik: ‘A Versatile Serine Protease, HtrA1, in Human Disease’. Seusai materi kedua, dilaksanakan sesi istirahat makan siang dan ibadah selama 60 menit. Acara dilanjutkan dengan materi ketiga dengan topik: ‘Socialization of IONI Mobile’ yang dibawakan oleh Dra. Tri Asti Isnariani, M. Pharm., Apt. Materi selanjutnya adalah ‘Tumor Suppression by Controlling Cancer Cell Cycle yang dibawakan oleh Prof. Jun-ya Kato. Materi diakhiri dengan topik pembahasan mengenai ‘Sambung Nyawa (Gynura procumbens) as a Potential Candidate of Co-Chemotherapeutic Agent for Breast and Colon Cancer’ yang dibawakan oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Dr. Nunuk Aries Nurulita, M.Si., Apt.

amelOral Presentation

Acara dilanjutkan dengan Poster Session dan Oral Presentation. Poster Session diadakan di area yang tidak jauh dari meja minuman dan makanan ringan, sehingga para peserta dapat menikmati jamuan sambil lalu lalang mengamati poster ilmiah dengan menyenangkan. Oral Presentation diadakan dalam ruangan tertutup, dan para oral presenter dibagi ke dalam ruangan presentasi yang berbeda. Tiap ruangan terdiri dari 5-6 orang presenter dan seluruh peserta seminar diperbolehkan untuk masuk ke ruang manapun sesuai dengan keinginannya. Diberi waktu 10 menit bagi tiap presenter untuk mempresentasikan hasil penelitiannya, kemudian dilanjutkan oleh sesi tanya jawab dengan peserta. Poster maupun Oral Presentation tersebut dinilai secara langsung oleh Prof. Masashi Kawaichi dan Prof. Jun-ya Kato dari NARA Institute of Science and Technology Japan.  Acara seminar berakhir pada sore hari, sekitar jam 17.00 WIB.

Kontributor: Amalia Miranda