Menu

7 Anggota CCRC lulus S1 dan S2

L1Periode 2014-2015 ini, 7 orang anggota CCRC telah berhasil menyelesaikan studi S1 dan S2. April lalu, Herwandhani Putri dengan judul tesis “Kajian Potensi Kokemoterapi Senyawa Kalium Pentagamavunon-0 (K PGV-0) dengan Doxorubicin Terhadap Apoptosis, Siklus Sel, dan Modulasi Metastasis pada Kanker Payudara”. Bulan Mei, skripsi Bani Adlina Shabrina dengan judul “Efek Antigenotoksik Ekstrak Etanolik Daun Pepaya (Carica papaya L.) pada Mencit (Mus musculus) Galur Swiss Terinduksi Siklofosfamid Melalui Mammalian In Vivo Micronucleus Test” dan Rahmawaty Rachmady dengan judul “Aktivitas Sitotoksik Ekstrak Etanol Kayu Secang (Caesalpinia sappan L.) Terhadap Sel Kanker Payudara Bertarget Molekuler pada Reseptor HER-2″.

L2Juni ini, Laili Nailul Muna dengan judul tesis “Penghambatan Proliferasi Sel Kanker Payudara T47D oleh Kombinasi Doxorubicin, Ekstrak Etanolik Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) dan Ekstrak Etanolik Daun Awar-Awar (Ficus septica Burm.F.) melalui Modulasi Siklus Sel”, Devi Nisa Hidayati dengan judul tesis “Peningkatan Sitotoksik Cisplatin oleh Kombinasi Ekstrak Etanolik Rimpang Temulawak (Curcuma xanthorriza Roxb) dan Ekstrak Etanolik Daun Awar-Awar (Ficus septica Burm.F.) melalui Modulasi Siklus Sel”, Ika Rahmawati Sutejo dengan judul tesis “Potensi Antimetastasis Kombinasi Ekstrak Etanolik Temulawak (Curcuma xanthorriza), Buah Makassar (Brucea javanica) dan Doxorubicin pada Sel 4T1″, dan Beni Lestari dengan judul skripsi “Efek Ekstrogenik Ekstrak Etanolik Biji Labu Kuning (Cucurbita moschata (Duch.) Poir) pada Tikus Betina Sprague Dawley Terovariektomi: Tinjauan Terhadap Bobot Uterus dan Profil Lipid Darah”.

Keseluruhan topik penelitian berkisar pada eksplorasi agen kemopreventif dari bahan alam dan senyawa yang diturunkan dari senyawa alam. Target jangka panjang dari penelitian tersebut merupakan pengembangan terapi kombinasi antara agen kemoterapi dengan agen kemopreventif untuk meningkatkan efektivitas terapi kanker. Sedangkan, topik penelitian Beni Lestari tentang pemanfaatan biji labu kuning sebagai sumber fitoestrogen untuk mencegah kekurangan hormon estrogen pada wanita menopause.