Menu

Partisipasi CCRC dalam73rd Annual Conference of Japanese Cancer Association : Kontribusi Nyata Saintis untuk Kemajuan Kesehatan Dunia

jca1a

73rd Annual Conference of Japanese Cancer Association

Setiap tahun secara rutin CCRC mengirimkan personilnya untuk menghadiri acara seminar JCA di Jepang. Pada kesempatan kali iniketua CCRC Prof. Dr. Edy Meiyanto, M.Si., Apt., Staff Dosen Dr. drh. Retno Murwanti, M.P., bersama anggota CCRC Raisatun Nisa Sugiyanto dan Rohmad Yudi Utomo berkesempatan untuk menghadiri acara 73rd Annual Conference of Japanese Cancer Association yang diselenggarakan pada 25-27 September 2014 di Pacifico, Yokohama.

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 15.000 peneliti dari seluruh dunia, perwakilan CCRC berpartisipasi sebagai presentator oral dan poster. Data yang dipresentasikan merupakan hasil penelitian CCRC yang dikerjakan sejak awal tahun 2013.Prof. Edy Meiyanto dan Dr. Retno Murwanti berkesempatan untuk menjadi presentator oral dengan mengangkat hasil penelitian kombinasi analog kurkumin pada beberapa jenis sel kanker, sedangkan untuk Raisatun Nisa Sugiyanto dan Rohmad Yudi Utomo menjadi presentator poster mengenai kombinasi fraksi brazilein secang (Caesalpinia sappan L.), buah makassar (Brucea javanica), dan agen kemoterapi. Keikutsertaan dalam konferensi ini juga memberikan manfaat positif berupa munculnya ide-ide pengembangan penelitian selanjutnya.

jca2

Suasana Poster Presentation

jca3

Suasana Oral Presentation

Selesai mengikuti agenda JCA, personil CCRC bertolak Nara untuk mengikuti pengajian rutin muslim Indonesia se-Nara. Kekhidmatan acara tersebut menunjukkan bahwa pentingnya menjaga solidaritas sesama ketika diperantauan. Hari berikutnya perjalanan dilanjutkan menuju Osakauntuk bertemu Bu Sachiko Iida atau biasa dipanggil dengan Bu Iida. Beliau merupakan sosok dibalik kesuksesan studi mahasiswa Indonesia di NAIST, sehingga pertemuan tersebut menjadi momen yang sangat spesial dan tidak akan terlupakan bagi semua personil CCRC.

jca4

Pertemuan dengan Bu Sachiko Iida

Pada hari terakhir, kami berkunjung ke NAIST untuk berkoordinasi dengan beberapa sensei diantaranya Kawaichi sensei, Kato sensei, Itoh sensei, Tanimoto sensei, Steven Nishida,  mengenai rencana kerja sama antara CCRC dan NAIST. Selain itu, kesempatan itu juga digunakan untuk meninjau perkembangan kinerja studi S2 dan S3 anggota CCRC di NAIST yaitu, Yonika Arum Larasati, Endah Puji Septi Septiyarini, dan Sendy Junaedi serta penyambutan anggota CCRC yang baru diterima di NAIST yaitu Ria Fajarwati Kastian dan Dyaningtyas Dewi Putri Pamungkas.

jca6

Pertemuan dengan Kawaichi Sensei

jca5

Pertemuan dengan Itoh Sensei

Semoga lawatan CCRC ke Jepang bisa menghadirkan inspirasi baru dan membawa keberkahan bagi setiap langkah CCRC selanjutnya. Teriring doa juga untuk anggota CCRC yang akan dan sedang studi di Jepang. Sampai jumpa di acara CCRC selanjutnya.

Kontributor: Rohmad Yudi Utomo dan Raisatun Nisa S.