Menu

CCRC goes to PIMNAS 25 Yogyakarta

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) memasuki usia seperempat abad (XXV) tahun 2012 ini. Diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), PIMNAS kali ini mungkin menjadi yang paling terorganisir selama penyelenggaraannya. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner peserta dan juri yang mayoritas menyatakan puas terhadap penyelenggaraan PIMNAS tahun ini. Tahun ini, event ilmiah mahasiswa paling bergengsi ini digelar pada 9-12 Juli 2012.

Dalam event ini, Cancer Chemoprevention Research Center (CCRC) mengirimkan 3 kelompok PKM Penelitian (PKMP) yang tergabung dalam kontingen UGM yang seluruhnya berjumlah 27 tim. Berikut adalah judul penelitian yang dibawa oleh tim CCRC :

  1. Ekstrak Etanolik Kulit Kayu Secang Caesalpinia sappan L. sebagai Agen Kemopreventif yang Selektif : Kajian in vitro

Tim : Bani Adlina Shabrina, Cyndwika Ayu, Erlina Rivanti

  1. Aplikasi Limbah Kulit Jeruk Bali Citrus maxima Sebagai Sumber Fitoestrogen Serta Kajian Docking Terhadap ERalfa dan ERbeta

Tim : Erlina Rivanti, Fikri Amalia, Ragil S Dianingati

  1. Potensi Kulit Jeruk Purut Citrus hystrix D.C. Sebagai Agen Kardiohepatoprotektif pada Penekanan Efek Kardio-Hepatotoksik Kemoterapi

Tim : Nindi Wulandari, Yonika Arum Larasati, Herwandhani Putri.

Terdapat 90 tim PKMP yang terbagi dalam 4 kelas. Pada tanggal 10-11 Juli, diadakan presentasi hasil penelitian. Banyak tim yang mengangkat local wisdom dan langsung dapat mengaplikasikan hasil penelitiannya di masyarakat.  Pelaksanaan PKMP ini menjadi ajang peneliti-peneliti muda Indonesia untuk bertukar gagasan dan informasi karena peserta pun diijinkan bertanya pada tim lain ketika sesi diskusi. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa, terlihat dari antusiasme peserta lain untuk bertanya pada peserta yang sedang presentasi. Sedangkan pada 12 Juli, diadakan pameran poster dan gelar produk yang sangat menarik. Masyarakat luas pun dapat melihat pameran pada waktu-waktu tertentu.

”Budaya Inovasi Membangun Karakter Bangsa Mandiri” adalah tema PIMNAS kali ini. Tak heran jika pada akhirnya, tim yang dapat menonjolkan inovasi dan kemampuan membangun mayarakatlah yang terpilih menjadi jawara. Hal inilah yang dimiliki oleh Universitas Brawijaya (UB) yang akhirnya membawa pulang piala Adhikarta Kertawidya. Pada penilaian presentasi Program Kreatifitas Mahasiswa, UNIBRAW meraih sejumlah 6 penghargaan setara emas, 3 perak dan 1 perunggu. Sedangkan untuk poster PKM meraih 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu sehingga total perolehan sebanyak 8 emas, 6 perak dan 3 perunggu. Jumlah ini mengungguli perolehan penghargaan IPB di tempat ke-2 dan ITS di tempat ke-3, serta UGM yang menjadi juara umum pada PIMNAS XXIV lalu.  Oleh Dikti, hasil penelitian serta kreativitas mahasiswa ini akan difasilitasi untuk mendapatkan paten sehingga akan lebih bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia.. Semoga di tahun depan, mahasiswa Indonesia khususnya UGM, semakin inovatif dan kontributif untuk turut menyelesaikan permasalahan bangsa dan dunia.